Selasa, 07 Juli 2020

CAKUPAN MATERI PJOK KELAS 6 SEMESTER 1



Kompetensi Dasar

3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.

4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.

3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.

4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.

3.3 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permain an dan atau olahraga tradisional.

4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.

3.4 M  3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.

4.4 M  4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.

 3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadI secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
 
4.5 Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
 

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, peserta didik dapat menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola.
2. Dengan berdiskusi, peserta didik dapat menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola voli.
3. Dengan tanya jawab dan membaca teks, peserta didik dapat menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola basket.
4. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola.
5. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola voli
6. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola basket.
7. Dengan membaca teks dan tanya jawab, peserta didik dapat menjelaskan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan kasti. 
8. Dengan berdiskusi, peserta didik dapat menjelaskan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan kasti. 
9. Dengan membaca teks, peserta didik dapat menjelaskan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan rounders.
10. Dengan tanya jawab, peserta didik dapat menjelaskan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan rounders. 
11. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan kasti.
12. Dengan membaca teks, peserta didik dapat mendeskripsikan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, melalui aktivitas atletik dan/atau olahraga tradisional. 
13. Dengan berdiskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan variasi dan kombinasi gerak dasar lari, lompat, dan lempar pada olahraga lempar roket. 
14. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan mendarat melalui aktivitas atletik dan/atau olahraga tradisional. 
15. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lari, lompat, dan lempar pada olahraga lempar roket. 
3.4     16. Dengan membaca teks, peserta didik mampu mendeskripsikan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor pada pencak silat.
17. Dengan berdiskusi, peserta didik mampu mendeskripsikan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak nonlokomotor pada pencak silat.
18. Melalui pengamatan, peserta didik mampu mempraktikkan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor pada pencak silat.
19. Melalui pengamatan, peserta didik mampu mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak nonlokomotor.
20. Dengan membaca teks, peserta didik dapat menyebutkan unsurunsur kebugaran jasmani 
  21. Dengan berdiskusi, peserta didik dapat menjelaskan latihan kebugaran jasmani 
  22. Dengan membaca teks dan berdiskusi, peserta didik mendeskripsikan cara mengukur daya tahan kebugaran jasmani secara sederhana. 
 23. Melalui tanya jawab, peserta didik dapat menyajikan hasil pembahasan mengenai unsur unsur kebugaran jasmani 
 24. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan latihan kebugaran jasmani 
 25. Melalui pengamatan, peserta didik dapat mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani

MAmMateri Esensial

1. Kombinasi gerak dalam permainan bola besar

2. Kombinasi gerak dalam permainan bola kecil

3. Kombinasi gerak dasar, lari, lompat, dan lempar

4. Variasi gerak dasar pencak silat

5. Kebugaran jasmani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHAYA ROKOK, MINUMAN KERAS DAN NARKOBA ,KELAS 5

  BAHAYA ROKOK, MINUMAN KERAS DAN NARKOBA 3.10 Memahami bahaya merokok, minuman keras, dan narkotika, zat-zat adiktif (NAPZA) serta obat be...